Thursday, June 11, 2020

MODEL PEMBELAJARAN KELAS "STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING"

Dalam pendidikan seperti sekarang ini, perlu dipahami bahwa dalam pembelajaran yang disampaikan, seorang pengajar harus mampu mencipatakan suasana belajar yang menyenangkan namun dapat menyaimpaikan materi sesuai dengan tujuan. Maka dari itu seorang pengarjar harusnya memiliki metode-metode pembelajaran yang mampu untuk mencapai tujuan

dari pembelajaran tersebut.

Dimasa sekarang ini bukan hanya pengajar yang harus dituntut untuk aktif dalam pembelajaran, akan tetapi juga peserta didik haruslah dapat aktif dalam proses pembelajaran, maka dari itu seorang pengajar harus memiliki  metode pembelajaran yang jelas yang mampu dan dapat dipahami dalam proses pembelajaran.

Dari sekian banyak model pembelajaran yang ada dan diterapkan dalam proses pembelajaran, seorang pengajar harus mampu untuk memilih model pembelajaran yang paling tepat untuk diterapkan dalam proses pembelajaran, agar supaya tujuan dari pembelajaran tersebut tercapai. Sehingga diharapkan dengan penerapan model pembelajaran yang tepat dalam proses belajar peserta didik mampu untuk memahami dengan mudah materi yang disampaikan,

A.      MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING

Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining merupakan model pembelajaran dimana siswa/peserta didik belajar mempresentasikan ide/pendapat pada rekan peserta didik lainnya. Model pembelajaran ini efektif untuk melatih siswa berbicara untuk menyampaikan ide/gagasan atau pendapatnya sendiri. Adapun Langkah-langkah pembelajarannya :

1.      Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai/KD.

2.      Guru mendemonstrasikan/menyajikan garis-garis besar materi pembelajaran.

3.  Memberikan kesempatan siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya, misalnya melalui bagan/peta konsep.

4.      Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa.

5.      Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu.

6.      Penutup.

B.     PENERAPAN DALAM PEMBELAJARAN\

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran       :      kewirausahaan

Kelas / Semester    :      1 / I

Pertemuan              :      1

Alokasi Waktu       :      2 x 45 menit

Hari / Tanggal        :      Senin, 15 Juni 2020

Standart Kompetensi

“Kewirausahaan.”

Kompetensi Dasar

1. Mendeskripsikan pengertian kewirausahaan.

2. Mendeskripsikan sejarah kewirausahaan.

3. Mengidentifikasi Unsur-unsur dalam kewirausahaan

Indikator

1. Menyebutkan Pengertian Kewirausahaan.

2. Menyebutkan sikap seorang wirausahan.

3. Menjelaskan cara-cara berwirausaha.

     I.     Tujuan Pembelajaran.

1. Dapat memahami arti kewirausahaan.

2. Dapat menunjukkan sikap seorang wirausaha

3. Dapat mempraktekan wirasausaha.

  II.     Materi Pokok.

·         Pengertian Wirausaha

·         Sikap Seorang Wirausaha

·         Penerapan Wirausaha

III.     Model dan Metode Pembelajaran.

Model pembelajaran    :           Student Facilitator And Expalining

Metode pembelajaran  :           Presentasi Individu

 

IV.     Langkah – langkah Pembelajaran.

Tahap

Uraian Kegiatan Pembelajaran

Alat/Media Pembelajaran

Estimasi Waktu

 

 

 

Pendahuluan

ü  Mengkondisikan  kelas.

 

Papan Tulis, LCD, Laptop

 

 

 

15 menit

ü  Salam.

ü  Mengabsen.

ü  Menyampaikan tujuan pembelajaran.

Kegiatan inti

Papan tulis,LCD, Laptop

 

 

 

55  menit

ü  Guru Menyampaikan Sedikit materi yang akan dibahas pada pertemuan tersebut

ü  Guru Menunjuk/mengundi siswa yang akan mempresentasi ide/pendapatanya kepada siswa lain.

Kegiatan Penutup

ü  Guru menyimpulkan dari berbagai pendapat siswa

Papan Tulis, LCD, Laptop

 

20 menit

ü  Penutup (doa)

 

  V.     Alat dan Sumber Bahan.

Alat / media      :         LCD, Papan Tulis, Laptop

Sumber              :        Buku Kewirausahaan, Internet

 

C.    KELEMAHAN DAN KELEBIHAN

1.      Kelemahan

Untuk model pembelajaran seperti ini yang lebih terfokus pada daya pikir siswa untuk menyampaikan ide dan pendapatanya mengenai materi pembelajaran didepan kelas akan mememui banyak gendala atau hambatan diantaranya :

a.   Kemampuan siswa yang berbeda-beda sehingga dalam menyampaikan ide akan beragam dan tidak sama antara satu dengan yang lainya

b. Keberanian siswa yang kurang berani untuk menyampaikan pendapatnya dimuka umum/teman-teman sekelas

2.      Kelebihan

Untuk Kelebihan dari sistem pembelajran ini yaitu kemampuan siswa atau daya pikir siswa dapat diketahui dan digali dengan baik. Selain itu dengan sistem pembelajaran ini, siswa dapat berperan aktif dalam proses belajar.

 

KESIMPULAN

Sistem pembelajaran Student Facilitator and explaining yang lebih mengutamakan partisipasi siswa dalam pembelajaran serta dapat menggali potentsi serta ide-ide yang dimiliki oleh setiap peserta didik sangatlah diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan menciptakan peserta didik yang memiliki daya pikir serta kualitas yang tinggi. Akan tetapi dalam setiap proses pembelajaran yang diterapkan dalam kelas harusnya disesuaikan dengan kondisi dan situasi dari kelas tersebut sehingga akan tercipta suasan belar yang diharapkan oleh guru dan siswa.


No comments:

Post a Comment

Top Post

PROPOSAL USAHA

A.     PROPOSAL USAHA Proposal usaha merupakan media untuk menjelaskan profil usaha yang akan dikembangkan oleh seorang wirausaha. Propos...

Sering Dicari